PajeroSport.ID

Info Pajero Sport Terlengkap

Sejarah Panjang Pajero Sport Versi Pertama Hingga Generasi Terbaru

Sejarah Panjang Pajero Sport

PajeroSport.ID — Sebagai produk unggulan Mitsubishi, sejarah Pajero Sport cukup panjang. SUV pabrikan Jepang ini mulai diproduksi sejak 1996, dengan merek Challenger. Sebutan lain yang digunakan untuk SUV ini adalah Pajero Sport (untuk kawasan Eropa), Nativa (untuk kawasan Amerika Latin), Montero Sport (Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Filipina), dan beberapa lainnya.

Generasi Pertama (1996-2008)

Generasi pertama Pajero Sport tidak jauh berbeda dengan model pickup Mitsubishi Strada pada waktu itu. Namun, Pajero Sport terus melakukan perkembangan terutama untuk bagian face lift seperti yang terlihat saat ini. Di samping itu, perubahan juga terus dilakukan dari segi suspensi dan kumparan pegas.

Seiring dengan meningkatnya popularitas, perakitan pun diperluas untuk dilakukan secara lokal di negara lain. Pabrik perakitan diperkenalkan di Cina pada tahun 2003 dan disusul di Brazil pada tahun 2004. Adapun mesin yang paling umum digunakan pada generasi pertama adalah V6 3 liter yang menghasilkan 175 hp pada 5.000 rpm.

Generasi Kedua (2008-2016)

Produksi Pajero Sport generasi kedua ini terinspirasi dari Mitsubishi Triton dan diperkenalkan secara bertahap di beberapa pasar tertentu: Rusia, Asia Tenggara, dan Timur Tengah pada musim gugur tahun 2008 lalu. Produksi tersebut dikonsentrasikan di Thailand dengan pilihan lima dan tujuh kursi.

Sementara itu, nama Mitsubishi Montero Sport lebih dikenal di Filipina, Kanada, dan Meksiko. Varian yang diperkenalkan pun cukup beragam, yakni: GLX-V 4×2 (5-speed manual), GLS-V 4×2 (5-speed automatic), dan GT-V 4×4 (5-speed automatic) yang mampu menghasilkan keluaran 178 PS dan 350 Nm untuk tipe automatic dan 400 NM untuk tipe manual, GLX 4×2 (5-speed manual), GLX 4×2 (5-speed automatic), dan GLS 3.0 V6 Gasoline (5-speed automatic).

Generasi Ketiga

Sejarah Pajero Sport memasuki generasi ketiga pada tahun 2015, tepatnya tanggal 1 Agustus 2015 yang diperkenalkan di Thailand. Proses perakitan pun masih berpusat di Negeri Gajah Putih sebelum akhirnya ada pabrik perakitan yang didirikan di Indonesia pada tahun 2017 silam.

Mitsubishi membuka pabrik baru di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Seiring dengan adanya pabrik baru ini, sejumlah model unggulan termasuk Pajero Sport diproduksi secara lokal dan semakin laris di pasaran. Paling tidak, data menunjukkan bahwa model 4×2 Pajero Sport berhasil memimpin di kelas SUV 4×2 dengan meraup pasar sebesar 60% dan mengamankan market share sebesar 40% (pjs/Foto: autoindustriya.com)

Share This Story: